RSS

Perjalanan Kepastian Hukum

29 Mei

Perjalanan panjang bangsa Indonesia menjadi negara yang keluar dari sejarah panjang orde baru menuju era reformasi sampai saat ini belum menunjukkan adanya kepastian hukum. Sebagaimana kita lihat bersama ketidakpastian hukum tersebut muncul dikarenakan lemahnya penegak hukum dalam menjalankan perannya dalam upaya penegakan hukum. Ketika reformasi menghadirkan kebebasan, disaat yang sama malah kita tidak menemukan adanya kepastian hukum. Ketidakpastian hukum dengan indikasi melemahnya aturan hukum akan merusak seluruh sektor kehiduan bangsa. Seyogyanya, ketika reformasi itu bergulir tentunya kebebasan merupakan hasil dari pencapaian reformasi yang telah dilakukan. Namun, persoalan fundamental tersebut kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga akan merusak kebhinekaan bangsa Indonesia secara menyeluruh. Ketika kita lihat bahwa ada beberapa persoalan pelik yang terjadi di tengah masyarakat, para penegak hukum seolah menjadi bungkam dalam pengertian terkesan menahan diri untuk dapat menyelesaikan persoalan yang sedang terjadi. Hal ini dikarenakan adanya pertentangan antar kepentingan sehingga tindakan para penegak hukum menimbulkan ketidakpastian hukum yang berakibat kepada ketidakpercayaan publik terhadap para penegak hukum.

Para mahasiswa terutama sebagai agen perubahan (agent of change) harus mampu memberikan sumbangsih dalam proses pembangunan bangsa.  Sebagai generasi muda tentu kita tahu bahwa kita harus mampu berbuat untuk ikut andil dalam proses pembangunan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Keikutsertaan generasi muda dalam perubahan bangsa tidak cukup hanya sekedar menyuarakan pendapat-pendapat mereka dari luar sistem pemerintahan, akan tetapi juga harus berani masuk ke dalam sistem untuk memperbaiki keadaan yang buruk pada saat ini. Aturan hukum yang didukung dengan adanya kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan karena jika tidak dilakukan akan menjadikan akar persoalan pada sulitnya bangsa ini keluar dari jeratan korupsi. Kita tahu bahwa korupsi sudah membudaya dimana-mana bahkan hampir di setiap elemen pemerintah, kita banyak jumpai terjadi berbagai indikasi kasus korupsi baik di tingkat pemerintah pusat ataupun daerah. Tetapi, ada hal yang jauh lebih penting dari permasalahan tersebut adalah masalah kejelasan aturan hukum yang berada di balik masalah korupsi tersebut dan bagaimana seharusnya permasalahan tersebut diselesaikan, bukannya malah difokuskan ke dalam masalah korupsinya saja.

Generasi muda janganlah gentar untuk memperjuangkan pembangunan bangsa Indonesia yang saat ini sudah jauh sangat terburuk dengan kebobrokan pemerintahan yang korup. Mari kita bersama membangun bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bebas dari korupsi. Tonggak kepemimpinan ada pada kita, marilah kita isi barisan pemerintahan dan negara ini dengan jiwa yang putih serta memiliki pemikiran emas kita sehingga bangsa kita ini akan bisa menjadi pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Iklan
 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 29, 2013 in Hukum

 

10 responses to “Perjalanan Kepastian Hukum

  1. Iwan Yuliyanto

    Mei 29, 2013 at 9:58 am

    Memang masalah utama yang kita hadapi sampai saat ini adalah lemahnya penegak hukum dalam menjalankan perannya dalam upaya penegakan hukum. Kesannya seperti ada intervensi sehingga proses penegakan hukumnya tebang pilih, mengesampingkan prinsip keadilan.

    Yup. Mari kita bersama membangun bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bebas dari korupsi.

     
    • martinafiaub

      Mei 30, 2013 at 4:00 am

      setuju… dan semoga ke depan kita memiliki seorang pemimpin yang berani mendongkrak untuk memberikan perubahan yang fundamental pada semua sendi kehidupan bangsa

       
  2. teena

    Mei 30, 2013 at 7:25 pm

    Korupsi memang seperti membudaya ya Mba. aturan hukum tidak bikin jera..Banyak kasus yang berlarut-larut dan tak kunjung tuntas..
    Pemerintahan yg bersih menjadi sangat sulit diwujudkan, tapi semoga selalu ada pergerakan menuju ke sana.. 🙂

     
    • martinafiaub

      Mei 31, 2013 at 5:02 am

      semoga pemimpin kita tahun 2014 nantinya adalah pemimpin yang lebih tegas lagi dalam memberantas masalah korupsi. Biar negara kita ini bersih.aminn

       
  3. Enny Mamito

    Mei 31, 2013 at 1:29 pm

    berharap pemimpin Indonesia nantinya lebih “bersih” 😉

     
    • martinafiaub

      Juni 3, 2013 at 4:02 am

      iya mbak kita semua berharap mendapat pemimpin baru yang jauh lebih baik..

       
  4. sulitnih

    Juni 4, 2013 at 8:48 am

    Setelah merdeka, bangsa ini menggunakan hukum ex penjajah, maka wlapun namanya merdeka, ternyata kta masih dijajah oleh bangsa sendiri…
    Setelah reformasi…. Hukum kita banyak dirubah, yang merubah adalah ex orang2. OrBa juga…
    Maka hukumnya dibuat agar tetap leluasa bsa korupsi… Akibatnya Korupsi makin merajarela…

    Sulit Memang… Lebih parah lagi ., generasi berikut.. Generasi cuek… Waleh weleh…. Ampun deh..

     
    • martinafiaub

      Juni 7, 2013 at 4:18 am

      semua memang butuh waktu untuk bisa merubah bangsa ini menjadi jauh lebih baik, yang bisa menjadi tumpuan harapan adalah para generasi muda kita. Apa yang bisa kita berikan untuk bangsa kita mari kita lakukan bersama..

       
  5. yantoawaludin

    Juni 13, 2013 at 4:34 pm

    Sebagai anak muda, harus berkontribusi membangun Indonesia, sekecil apapun itu

     
    • martinafiaub

      Juni 14, 2013 at 3:08 am

      sangat setuju mas yanto, generasi muda jangan pernah gentar untuk terus berjuang untuk membangun negara kita. Generasi muda adalah calon pemimpin di masa depan dan semoga generasi muda mampu menciptakan perubahan dalam mengubah tatanan hukum di Indonesia yang seakan-akan setengah-setengah dan kurang tegas dalam menindak semua permasalah hukum di Indonesia

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: